Rangkuman materi seo copywriter : 1 -7 Zavio Rahma Dani

Rangkuman materi seo copywriter

Rangkuman materi seo copywriter 1

Rangkuman materi seo copywriter Membutuhkan Copywriting : Tingkat konversi pelanggan rendah.Traffic website tidak kunjung naik.Postingan di media sosial tidak mendapat banyak respon.Artikel blog anda jarang dibaca atau dibagikan orang lain.Tak banyak yang berminat untuk mengunduh ebook.Email list sepi pendaftar.
Usaha pemasaran afiliasi sepi peminat.

Mindset Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Copywriter : Copywriting Tidak (cuma) penulis.Tidak ada yang peduli dengan anda.Lakukan penjualan seolah-olah kepada 1 orang saja. Jangan menjadi robot.

Mengapa Membutuhkan Copywriting : Tingkat konversi pelanggan rendah. Traffic website tidak kunjung naik. Postingan di media sosial tidak mendapat banyak respon. Artikel blog anda jarang dibaca atau dibagikan orang lain. Tak banyak yang berminat untuk mengunduh ebook. Email list sepi pendaftar.
Usaha pemasaran afiliasi sepi peminat.

Mindset Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Copywriter : Copywriting bukan (cuma) penulis. Tidak ada yang peduli dengan anda.Lakukan penjualan seolah-olah kepada 1 orang saja. Jangan menjadi robot.

Saran Copywriting : Jangan jadi copywriter yang seperti itu. Meskipun dalam bentuk tulisan, seorangcopywriter harus bisa membuat tulisan yang berbicara langsung kepada orang lain. Gunakanbahasa yang sering digunakan. Jangan ciptakan kalimat yang asing.

Rangkuman materi seo copywriter

Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing : Karena tujuan copywriting adalah persuasi, makaseorang copywriter bertanggung jawab atas branding sebuah perusahaan dengan tujuan untukmeningkatkan awareness dan penjualan. Sedangkan seorang content writer bertugas untuk membuat konten yang bersifat informatif dan engaging yang terkait dengan industri perusahaan tersebut.
Perbedaan Job Description Copywriter dan Content Writer : Copywriter Menulis teks untuk materi iklan dan pemasaran.Membuat konten yang engaging untuk media sosial.Meningkatkan visibilitas brand melalui berbagai media.Menulis konten website terkait dengan branding seperti homepage, landing page, dan product page.Mengubah direksi kreatif dan teknis menjadi konten persuasive.Berkolaborasi dengan PR dan marketing untuk mengembangkan berbagai materi dan konsep campaign.
Content Writer: Membuat konten berkualitas dengan riset untuk publikasi digital ataupun cetak.Mengatur jadwal riset, penulisan, dan publikasi konten. Melakukan keyword research untuk menemukan topik-topik yang berpotensi untuk dijadikan konten. Mengembangkan konten yang saling terhubung antar satu platform dengan yang lain. Meningkatkan visibilitas brand dengan menerapkan SearchEngineOptimization(SEO) agar konten mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Rangkuman materi seo copywriter 2

Persiapan Membuat Tulisan dengan Teknik Copywriting Pelajari Produk Anda Pahami Kebutuhan Audiens Tentukan Headline yang Memikat Dukung Headline dengan Lead yang Menarik Tulis Copywriting yang BerkualitasAkhiri dengan Persuasi
Tulis Copywriting yang Berkualitas : Ada beberapa formula yang bisa Anda gunakan untuk menulis copy yang berkualitas, di antaranya:Gunakan kata dan kalimat sederhanaTulis untuk satu orang saja Jelaskan manfaat bagi audiensManfaatkan subheading

Mengenal Prinsip-Prinsip Persuasi : Prinsip ini sudah terbukti secara ilmiah akan meningkatkan kemungkinan calon customer untuk melakukan apapun yang Anda inginkan.
Persuasi adalah sebuah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain.Apa saja prinsip persuasi itu?
Menurut Dr. Robert B. Cialdini tahun 1984 terdapat 6 prinsip yang terdiri dari Recprocity, Comitment & Consistency, Social Proof, Liking, Authority, dan Scarcity.
Bentuk – Bentuk Copywriting : Teknik Story Telling.You and Me. knik Fortright.Hyperbola. Teaser.Berita. Kompetisi

copywriter 3

Pengertian 5W1H : Istilah 5W1H sendiri merupakan singkatan dari enam pertanyaan dasar:

Bagaimana: Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Contoh Penggunaan Teknik 5W1H : Dalam bahasa Indonesia, penulisan 5W1H dapat mengacu pada.kalimat SPOK:.Subjek (S).Predikat (P).Objek (O).Keterangan (K), yakni keterangan tempat dan/atauwaktu..Contoh kalimat SPOK:
Wali Kota Bandung (S) mengunjungi (P) Kelurahan Derwati (O) kemarin (K).
Menteri Sosial (S) blusukan (P) menemui tunawisma (O) di Jakarta (K) kemarin (K).
Dalam struktur kalimat SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan), Subjek memang berfungsi sebagai pelaku atau penyelenggara suatu tindakan atau peristiwa.

  • Subjek ini bisa berupa:
    • Nama orang: Andi, Ibu Ani, Presiden Jokowi
    • Nama lembaga: Pemerintah Kota, PT ABC, Sekolah Dasar Negeri 1
    • Kata ganti: Dia, Mereka, Kita

Contoh dalam sebuah berita:

  • Subjek (Siapa): Presiden Joko Widodo
  • Kalimat lengkap: Presiden Joko Widodo meresmikan proyek jalan tol baru.

Mengapa Subjek penting dalam berita?

  • Orientasi: Subjek memberikan orientasi pada pembaca tentang siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
  • Fokus: Subjek menjadi titik pusat perhatian pembaca.
  • Klarifikasi: Sejak awal, pembaca mengetahui siapa yang menjadi pusat berita.
  • Apa: Peristiwa atau kejadian apa yang terjadi?
  • Siapa: Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Kapan: Kapan peristiwa itu terjadi?
  • Di mana: Di mana peristiwa itu terjadi?
  • Mengapa: Mengapa peristiwa itu terjadi?

copywriter 4

Pengenalan Formula AIDA : AIDA yaitu singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Keempat komponen ini bisa mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut (mengubah pembaca menjadi pembeli).

Berikut ilustrasi penggunaan formula AIDA pada sebuah konten:
Attention: headline.,Interest: lead,Desire: copy ,Action: CTA

copywriter 5

Pengenalan Slippery Slide : Slippery slide adalah konsep di mana setiap kalimat dalam konten didukung oleh kalimat selanjutnya. Dengan demikian, semua kalimat memiliki fungsi untuk menjaga rasa ingin tahu pembaca hingga bagian CTA untuk melakukan sebuah aksi.
Pengenalan Social Proof : social proof adalah elemen copywriting yang digunakan untuk meyakinkan audiens bahwa Anda dapat dipercaya. Contoh Saya sangat menyukai kucing. Selain itu, kucing juga merupakan hewan peliharaan yang populer. Misalnya, kucing Persia dikenal karena bulunya yang lembut. Walaupun kucing bisa nakal, tetapi mereka juga sangat setia pada pemiliknya. Jadi, memelihara kucing bisa memberikan banyak kebahagiaan.
Catatan : Bagi Anda yang belum memiliki banyak pelanggan dapat menggunakan social proof. Mintalah testimoni dari klien yang sudah ada dan tampilkan yang terbaik pada media pemasaran anda.

copywriter 6

Pengenalan Frequently Asked Questions (FAQ) : FAQ (Frequently Asked Questions) adalah

Rangkuman materi seo copywriter 7

Pengenalan PAS (Problem Agitate, Solve) : Dalam formula PAS, Dan Kennedy menempatkan permasalahan sebagai elemen pertama karena ia percaya bahwa permasalahan lebih efektif dalam menggugah minat.
problem (Masalah) : teknik copywriting ini langsung mengidentifikasi dan menyoroti masalah seperti biaya yang tinggi atau kualitas produk yang kurang memuaskan, yang seringkali menjadi perhatian konsumen.
Agitate (Gelisah) : Konsumen akan merasa sangat puas karena masalah mereka telah teratasi dengan sempurna.
Solution (Solusi) : Setelah menceritakan masalah dan
gambaran keadaan, di bagian akhir dari teknik copywriting formula PAS yaitu
solution, dimana konsumen diberikan solusi dari permasalahan dan kondisi
idealnya

Baca juga disini: https://zavio.sinauseo.web.id/rangkuman-materi-seo-copywriter/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *