
Rangkuman materi seo copiwriter 9
Rangkuman materi seo copiwriter Pengenalan Blog : Blog merupakan kepanjangan dari web log yang merupakan salah satu aplikasi sederhana website.
Perbedaan Blog, Blogger, Blogging dan Blogspot : Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.
Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola dengan subdomain .blogspot.com
Blogging adalah aktifitas pengguna blog, dimana membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video, dan lain-lain.
Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger.
Manfaat dan Kegunaan Blog : Dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menjadi seorang penulis yang baik. Dapat dijadikan sebagai mesin penghasil uang melalui media periklanan, jaringan afiliasi, review produk, dan lain-lain.Dapat digunakan untuk merekam kegiatan rutin baik kegiatan sehari-hari maupun kegiatan proyek melalui tulisan. Media berbagi pendapat dan tulisan dengan orang lain.
Media promosi untuk berjualan baik barang maupun jasa.Membangun jaringan baik usaha maupun jaringan pertemanan, dan lain-lain.
Jenis-Jenis Blog :
- Blog Pribadi
- Blog Otoritas
- Blog Niche
- Blog Perusahaan
- Blog Spam
Apa itu Google Adsense ? : AdSense adalah sebuah program periklanan yang diselenggarakan oleh Google di mana pemilik situs web atau blog dapat menghasilkan pendapatan. Dengan kata lain, AdSense menjadi jembatan antara pemilik situs dan pengiklan. Melalui program ini, pemilik situs dapat menampilkan iklan yang relevan di situs mereka. Setiap kali pengunjung mengklik iklan tersebut, pemilik situs akan mendapatkan bayaran. Selain itu, AdSense juga menawarkan berbagai jenis iklan, seperti teks, gambar, dan video, sehingga pemilik situs memiliki fleksibilitas dalam memilih format iklan yang sesuai.
Rangkuman materi seo copiwriter 10
Rangkuman materi seo copiwriter Copywriting pada Media Sosial : Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Di Indonesia, platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menjadi lahan subur bagi bisnis untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Namun demikian, di tengah banjirnya konten, bagaimana cara agar pesan Anda menonjol dan menarik perhatian? Jawabannya adalah: copywriting yang efektif.
Mengapa copywriting begitu penting dalam dunia media sosial? Pertama, copywriting yang baik memungkinkan Anda untuk membangun koneksi emosional dengan audiens. Selain itu, copywriting juga berperan penting dalam meningkatkan engagement, mendorong konversi, dan membedakan merek Anda dari kompetitor. Dengan kata lain, copywriting adalah kunci untuk sukses dalam pemasaran digital.
Media Sosial + Copywriting = Your Salesman Product
Misalnya, Anda menjalankan usaha kuliner dengan menjual rice box. Anda membuat copywriting di akun Instagram dengan mendeskripsikan cita rasa rice box yang memiliki varian paket dan kelebihannya di banding rice box lain di Kota Jakarta dengan teknik copywriting. Anda konsisten melakukan itu. Suatu hari, saat ia lapar dan sedang mencari makanan yang enak dan praktis maka akan mencari produk Anda. Begitulah sedikit gambaran umum tentang kekuatan copywriting di sosial media.
Manfaat Copywriting pada Media Sosial :
Membantu menaikkan image perusahaan dimata calon konsumen. Copywriting juga mampu menggambarkan nilai positif dari suatu brand perusahaan, sehingga dapat menarik konsumen.
Membantu konsumen untuk mendapatkan informasi.
Menuliskan nilai lebih dari produk anda, sehingga mempermudah konsumen yang ingin membandingkan dengan produk lain.
Teknik Copywriting dengan AIDA : Formula AIDA merupakan rangkaian struktur penulisan iklan yang diawali dari mendapatkan attention dan diakhiri dengan ajakan (persuasi) kepada audiens agar mengikuti apa yang kita inginkan.
Tips Mengefektifkan Copywriting Pada Sosial Media
- Headline : judul singkat tentang apa yang Anda jual.
- Body Text : bagian iklan yang berisi uraian detil yang mencakup detail produk, manfaat atau alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda.
- Extra : keuntungan yang Anda berikan untuk calon konsumen.
- Closing : tugas akhir Anda untuk memberikan informasi pada calon pembeli untuk melakukan transaksi.
Rangkuman materi seo copiwriter 11
Pengenalan Copywriting pada Whatsapp Business : Saat ini, pengguna internet Indonesia terus semakin meningkat, dan menurut Kominfo 83% pengguna internet adalah pengguna whatsapp. Dengan banyaknya antusias masyarakat pada Whatsapp menjadi peluang yang besar bagi pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan whatsapp sebagai media bisnis.Salah satu kunci utama bisnis melalui whatsapp yaitu melalui tulisan. Tulisan atau copywriting sangat berperan besar dan menentukan keberhasilan bisnis.
Manfaat Copywriting pada Whatsapp Business : menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis. Pertama, copywriting yang efektif dapat menjaring banyak calon pelanggan. Melalui fitur chat yang interaktif, pelanggan dapat dengan mudah berinteraksi dengan penjual, baik untuk membeli produk maupun sekadar bertanya. Selain itu, copywriting juga memungkinkan bisnis untuk menciptakan penawaran yang menarik dan persuasif. Dengan demikian, peluang untuk mengkonversi calon pelanggan menjadi pelanggan setia akan semakin besar. Terakhir, copywriting dapat memanfaatkan testimoni pelanggan untuk membangun kepercayaan. Melalui testimoni yang positif, bisnis dapat meyakinkan calon pelanggan akan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.”
Teknik Copywriting
- Tell a Story : bereaksi terhadap cerita.
- Speak to the Reader : gunakan gaya penulisan yang menarik.
- Be Positive : gunakan gaya dan nada yang sopan dan menginspirasi.
- Harness the power of repetition : mengulangi poin-poin penting.
- Use Fact & Stats : tambahkan fakta dari orang atau sumber terpercaya.
- Organize Your Content : pembaca harus dapat melihat poin-poin penting.
- Avoid Long Paragraphs : cukup 3-4 paragraph.
- Skip the showy writing : jangan gunakan bahasa yang sulit.
- Learn on Copywriting Formula : gunakan formula AIDA.
- Ask “Yes” Questions : tanyakan pertanyaan yang akan dijawab “Ya”.
- Sell the benefits : gunakan bahasa dan gambar yang menarik konsumen.
- Do long from copyright : buat link untuk menuju ke halaman website atau marketplace.
- Use power words : gunakan kata-kata yang memiliki “power”. Contohnya : “Beli Sekarang”, “Limited Edition”, “Hanya hari ini”, dan sebagainya.
- Share review & testimonials : minta testimoni dari konsumen dengan meminta mereka membuat video, gambar/foto/screenshot dan sebagainya.
- Offer Incentives : buatlah keputusan agar konsumen membeli produk anda.
- Appeal to Emotions : buatlah narasi diawal dengan menggunakan emotional terhadap produk.
- Focus on Headline : buatlah headline yang menarik yang ditempatkan di akhir.
Tips Efektif Menggunakan Copiwriting Pada Whatsapp Business
- Buat planning + target
- Traffic whatsapp besar
- 3000 list kontak whatsapp
- Fokus konten edukasi
- Manajemen kontak whatsapp
- Buat broadcast list
- Terapkan cara closing
- Sistemisasi whatsapp
- Gunakan script copywriting
- Terapkan alur funneling whatsapp
- Maksimalkan ilmu konversi
- Kejar 10000 kontak
Rangkuman materi seo copiwriter 12
Pengenalan Copywriting pada Youtube : Melalui copywriting video YouTube, merek-merek berusaha untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara efektif. Dengan kata lain, copywriting menjadi jembatan antara merek dengan calon konsumen yang ada di platform YouTube. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang mendalam dan meyakinkan audiens agar mengambil tindakan yang diinginkan, seperti berlangganan, memberikan like, atau bahkan melakukan pembelian.”
Manfaat Copywriting pada Youtube
Video youtube ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi yaitu dengan menggunakan kata kunci viral dalam judul, menuliskan sebuah sentakan dan optimisasi deskripsi video, memastikan judul video dan deskripsi sesuai dengan konten video, menggunakan tag kanan, menggunakan ajak bertindak yang tepat, menggunakan keterangan lengkap batasan karakter, menggunakan tag kata kunci, menggunakan angka dalam judul video, dan mentautkan video dengan video populer lainnya.
Konten video di YouTube jadi semakin bernilai sejak kehadiran SEO.
Peringkat pencarian yang lebih tinggi dapat dicapai Dengan menulis judul dan deskripsi yang menarik, Anda tidak hanya akan menarik perhatian calon pelanggan, tetapi juga meningkatkan peluang mereka untuk mengklik tautan Anda. Selain itu, judul dan deskripsi yang baik akan membantu mesin pencari memahami konten Anda, sehingga meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian.
Tips Efektif Menggunakan Copywriting Pada Youtube
- Buat Kata yang Menimbulkan Urgensi.
- Menggunakan Kata Ampun, Ajaib, Rahasia.
- Menggunakan Format “Siapa lagi yang mau”.
- gunakan kata Tanpa.
- Langsung To The Point.
Rangkuman materi seo copiwriter 13
Pengenalan Copywriting pada Email Marketing
email marketing adalah sebuah aktivitas mengirimkan pesan komersil melalui media email kepada sekelompok orang. Artinya, email marketing tidak serta menawarkan produk secara membabi buta.
Di dalam email sendiri pun copywriting masih berperan penting. Jika sudah berhasil menarik perhatian audiens untuk membuka dan membaca email. Pada akhirnya, pentingnya copywriting di email marketing sama seperti pentingnya copywriting secara umum. Copy yang baik akan menghasilkan profit dan ROI dengan meyakinkan audiens bahwa produk yang Anda tawarkan adalah solusi dari kebutuhan mereka.
Manfaat Copywriting pada Email Marketing
- Pendekatan personal kepada pelanggan
- Penyampaian informasi cepat dan praktis
- Lebih Hemat Biaya
- Kampanye yang efektif dan terukur
- Mengirim email sesuai kategori pelanggan
- Pesan dengan Personalisasi
- Membangun loyalitas pelanggan
- Mengoptimalkan konversi penjualan
8 Topik Copywriting yang efektif untuk Judul Email Marketing
- Self Interest (Kepentingan Diri Sendiri)
- Curiosity (Rasa Ingin Tahu / Penasaran)
- Offer (Penawaran)
- Urgency (Keadaan yang Mendesak)
- Humanity (Kemanusiaan)
- News (Berita)
- Social Proof (Bukti Sosial)
- Story (Cerita)
4 Teknik Email Marketing dengan menggunakan Teknik Copywriting
Tentu, mari kita kembangkan poin-poin tersebut dengan menambahkan lebih banyak kata transisi dan contoh konkret agar strategi email marketing Anda semakin efektif:
Email marketing adalah salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif. Dengan memanfaatkan teknik copywriting yang tepat, maka Anda dapat meningkatkan tingkat keterbukaan, klik-through rate, dan konversi email Anda. Hal ini dikarenakan copywriting yang baik mampu membujuk pembaca untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar ke layanan. Berikut adalah 4 teknik yang dapat Anda terapkan:
1. Manfaatkan Subject Email dengan Baik
Subject email adalah bagian pertama yang dilihat oleh penerima. Oleh karena itu, buatlah subject yang menarik, jelas, dan mengundang rasa ingin tahu. Misalnya, alih-alih menggunakan subject “Promo Terbaru”, Anda bisa menggunakan “Dapatkan Diskon Spesial 50% untuk Pembelian Pertama!”. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan angka, emoji, atau kata-kata yang bersifat urgent untuk membuat subject email Anda lebih menonjol. Namun demikian, hindari penggunaan kata-kata yang terlalu berlebihan atau spammy.
2. Tulis Pesan Sesingkat dan Sejelas Mungkin
Setelah berhasil menarik perhatian penerima dengan subject email, langkah selanjutnya adalah menyajikan pesan yang jelas dan ringkas. Hindari penggunaan kalimat yang berbelit-belit atau paragraf yang terlalu panjang. Sampaikan poin penting Anda di awal email dan gunakan bullet points atau numbering untuk menyajikan informasi secara terstruktur.
3. Bersikap Sopan
Selain menyampaikan pesan yang jelas dan menarik, penting juga untuk menjaga kesopanan dalam setiap email yang Anda kirimkan. Sapa penerima dengan nama, gunakan bahasa yang sopan dan formal, serta ucapkan terima kasih atas waktu yang mereka luangkan untuk membaca email Anda. Dengan bersikap sopan, Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek Anda.
4. Penutup atau Ending
Rangkuman materi seo copiwriter
Bagian akhir dari email juga sangat penting. Gunakan kalimat penutup yang kuat dan jelas untuk mendorong penerima melakukan tindakan yang Anda inginkan, misalnya, “Klik di sini untuk membeli sekarang”, atau “Jangan lewatkan kesempatan ini!”. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan call to action (CTA) yang menarik perhatian, seperti tombol dengan warna yang kontras atau teks yang berukuran besar. Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon atau alamat email, jika penerima ingin menghubungi Anda.
Signature (Opsional)
Signature atau tanda tangan email adalah bagian akhir dari email yang berisi informasi kontak Anda. Meskipun bersifat opsional, signature dapat memberikan kesan yang profesional dan memudahkan penerima untuk menghubungi Anda. Sertakan nama lengkap Anda, jabatan, perusahaan, nomor telepon, alamat email, dan tautan ke profil media sosial Anda (jika ada).
Rangkuman materi seo copiwriter Tips Efektif Menggunakan Copywriting Pada Email Marketing
Untuk menjalankan kampanye email marketing yang sukses, perlu adanya perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang konsisten. Pertama-tama, langkah krusial yang harus dilakukan adalah melakukan segmentasi audiens. Dengan demikian, pesan yang disampaikan dapat lebih relevan dan personal bagi setiap segmen. Sebagai contoh, pelanggan yang baru saja melakukan pembelian dapat diberikan penawaran khusus, sementara pelanggan yang sudah lama tidak aktif dapat diberikan reminder tentang produk terbaru.
Selain itu, konsistensi dalam mengirimkan email juga sangat penting. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa terlalu sering mengirimkan email dapat membuat pelanggan merasa terganggu. Oleh karena itu, frekuensi pengiriman email harus disesuaikan dengan minat dan preferensi audiens. Dengan kata lain, gunakan copywriting yang menarik dan persuasif untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.
Selanjutnya, pengujian A/B merupakan salah satu cara efektif untuk mengoptimalkan kampanye email marketing. Melalui pengujian A/B, kita dapat membandingkan kinerja dua versi email yang berbeda untuk mengetahui versi mana yang lebih efektif dalam mencapai tujuan kampanye. Misalnya, kita dapat menguji dua versi email dengan subject line yang berbeda atau dengan tata letak yang berbeda.
Selain itu, jangan hanya fokus pada upaya untuk terus menambah jumlah subscriber, tetapi juga pada pengelolaan subscriber yang sudah ada. Oleh karena itu, berikan perhatian yang cukup pada tingkat keterlibatan (engagement) subscriber, seperti tingkat pembukaan email, klik-through rate, dan tingkat konversi.
Rangkuman materi seo copiwriter 14
Tools Copywriting :
- Trello
- Twords
- 750 Words
- Daily Page
- Helpmewrite
Tips Copywriting
- Buang kalimat yang jelek
- Buang bahasa yang terdengar seperti omong kosong
- Hentikan kalimat yang terlalu sopan
- Beri orang alasan agar mereka melakukan apa yang Anda inginkan.
- Beri orang alasan yang lebih baik
- Buang testimonial yang muluk-muluk
- Jangan menghindari masalah
- Membicarakan diri sendiri = omong kosong
- Jangan gunakan HURUF BESAR & tanda seru
- Jangan menggunakan kata-kata superlatif
Rangkuman materi seo copiwriter 15
Pengantar Research Keyword (Kata Kunci) : “Anda mungkin menganggap telah menguasai seluk beluk kata kunci dan SEO. Namun, tahukah Anda bahwa dunia keyword research terus berkembang? Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk menyegarkan pengetahuan Anda dan membuka wawasan tentang strategi-strategi terbaru dalam menemukan kata kunci yang relevan dan efektif.”
Jenis-Jenis Research Keyword
- Keyword Targetted adalah keyword yang spesifik.
- Keyword Global adalah Keyword umum.
- Utama merupakan keyword yang diletakkan pada meta tag untuk halaman utama website, seperti halaman home.
- Sekunder untuk Subhalaman merupakan keyword yang anda gunakan di dalam meta tag subhalaman, seperti halaman service, halaman faq dan halaman-halaman formal lainnya.
Keyword untuk Artikel SEO
Poin Penting:
Penggunaan keyword harus relevan dengan isi dari artikel.
Catatan:Penggunaan kata kunci dalam SEO merupakan fondasi yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian. Faktanya, kata kunci adalah jembatan penghubung antara konten website Anda dengan pencarian pengguna. Dengan kata lain, kata kunci yang relevan akan membantu mesin pencari memahami topik utama website Anda dan menyajikannya kepada pengguna yang sedang mencari informasi terkait. Selain pemilihan kata kunci utama yang relevan dengan topik website, penggunaan kata kunci sekunder yang relevan dengan isi halaman dan artikel juga sangat krusial. Dengan kata lain, kata kunci sekunder ini berfungsi sebagai pelengkap kata kunci utama, sehingga mesin pencari dapat lebih memahami konteks konten yang kita sajikan.
Tools-Tools untuk Research Keyword
Berikut ini tools-tools untuk Research Keyword:
- Google Trends : tools yang disediakan oleh Google untuk menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan.
- Ubersuggest : memberikan data dari Google dan mesin pencari yang lainnya lewat kata kunci pertama.
- Keyword Tool : Keyword Tool ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sifatnya user friendly.
- Wordtracker : salah satu situs yang berfungsi untuk melihat popularitas sebuah keywords.
- WordStream : menyediakan kata kunci lebih beragam bagi kata kunci Anda
Baca juga disini: https://zavio.sinauseo.web.id/